News&Recipes
News
  • 16 August 2013
  • Phytochemical, Nutrisi ke 7 dari nutrisi pigmen sayur dan buah


Nutrisi pigmen yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran disebut "phytochemical (phytonutrients)."
Phytochemical merupakan senyawa yang ditemukan dalam tanaman yang mempertahankan diri terhadap ancaman eksternal seperti mikroorganisme dan serangga. Ia memiliki sifat antioksidan yang kuat dalam tubuh manusia dan mengambil peran yang sangat penting dalam pencegahan kanker dan pengobatan dengan mencegah perkembangan kanker dan menekan perkembangan metastatiknya. Phytochemical juga merupakan nutrisi ke 7 yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-penuaan.
 
Ada berbagai jenis phytochemical tetapi diklasifikasikan ke dalam 5 kategori utama merah (kaya akan likopen, quercetin), kuning (mengandung pigmen dari karotenoid), hijau (kaya akan klorofil, beta-karoten), putih (kaya akan anthoxanthins, indole) dan ungu (kaya akan antosianin, resveratrol).
 
Dengan meningkatnya kesadaran phytochemical dalam buah-buahan dan sayuran, banyak kampanye yang bekerja di seluruh dunia untuk menyebarkan pentingnya pola makan yang mengandung berbagai buah-buahan dan sayuran. Kampanye '5 A Day' dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1990-an menganjurkan untuk ' makan setidaknya 5 porsi dari 5 warna buah-buahan dan sayuran setiap hari 'dan kemudian menyebar secara global sebagai ' Eat 5 Colors a Day 'di Inggris,' The Go For 2 Fruit & 5 Vegetable ' di Australia, '2 X2 (makan 2 ons sayur dan 2 porsi buah per hari)' di Belanda. Pada tahun 2012, WHO mengumumkan bahwa '2,7 juta nyawa bisa diselamatkan setiap tahunnya hanya dengan diet buah-buahan dan sayuran. "